Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya - Koranmu Kalteng
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Program Studi Agroteknologi merupakan salah satu Program Studi yang berada di Fakultas Pertanian dan Kehutanan UM Palangkaraya. Dahulu merupakan Program Studi yang berada di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palangkara…

Program Studi Agroteknologi merupakan salah satu Program Studi yang berada di Fakultas Pertanian dan Kehutanan UM Palangkaraya. Dahulu merupakan Program Studi yang berada di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang telah beroperasional sejak berdirinya Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dengan nama Program Studi Agronomi dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia No. 0126/O/1990 tertanggal 9 Maret 1990, tentang status terdaftar kepada Fakultas, Jurusan/Program Studi di lingkungan UM  Palangkaraya, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Pertanian. Pada tahun 1996 mendapat SK pendirian Program Studi No. 97/DIKTI/KEP/1996 yang ditandatangani oleh Dirjen Dikti Depdikbud RI tanggal 12 April 1996. Dengan  adanya  berbagai    tuntutan   penyempurnaan  sistem  pengelolaan,  maka  pada  bulan Juni   tahun  2002,  Program   Studi   Agronomi telah mendapatkan  status  TERAKREDITASI    dan    telah  ditetapkan   melalui Surat   Keputusan   Badan  Akreditasi   Nasional (BAN)    Nomor : 004/BAN-PT/Ak-V/S1/III/2003 pada tanggal 12 Maret 2003. Prodi Agroteknologi dengan SK Penyelenggaraan No. 8323/D/T/K-XI/2011 pada tanggal 10 Agustus 2011 mendapat perpanjangan ulang ijin penyelenggaraan program studi. Pada awal tahun 2010 disepakati peleburan Fakultas Pertanian dengan Fakultas Kehutanan menjadi Fakultas Pertanian dan Kehutanan, dengan Program Studi Agroteknologi dan Program Studi Ilmu Kehutanan. Pada saat itu nama Program Studi Agronomi berubah menjadi Program Studi Agroteknologi. Saat ini status Program Studi Agroteknologi adalah Terakreditasi C dengan Nomor SK BAN-PT: 1074/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015 tanggal 19 September 2015.

Program Studi Agroteknologi memiliki dosen/tenaga pengajar dan tenaga administrasi yang memadai untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran/Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah pada umumnya. Dosen/tenaga pengajar yang dimiliki merupakan lulusan dari berbagai Universitas terkemuka seperti Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Lambung Mangkurat. Proses pembelajaran sesuai standar yang mengacu pada buku Panduan Akademik UM Palangkaraya dan SOP Perkuliahan. Fasilitas fisik, baik milik sendiri maupun fasilitas bersama dari sisi jumlah dan kualitasnya cukup memadai untuk mendukung kegiatan pengajaran seperti Ruang laboratorium telah dimiliki, baik Laboratorium Dasar MIPA maupun Laboratorium Fakultas dengan pemenuhan perlengkapan yang meningkat setiap tahunnya. Lahan praktikum lapangan telah dimiliki oleh Fakultas Pertanian dan Kehutanan dalam bentuk Kebun Penelitian dan Percobaan (KP2) seluas 5 Ha untuk lokasi praktek mahasiswa dan Hutan Pendidikan sesuai dengan SK Menhut 611/Menhut II/2014 seluas 4.910 Ha di Kecamatan Rakumpit sebagai aplikasi ilmu pertanian di masyarakat untuk pengembangan ilmu pertanian dan pengabdian masyarakat (Agroforestry). Bahan/sumber pustaka tersedia di perpustakaan Universitas dan dan perpustakaan di Fakultas Pertanian dan Kehutanan. Hasil- hasil penelitian dosen tetap telah diterbitkan dalam jurnal yang dikelola oleh LP2M UM Palangkaraya (Anterior) maupun Jurnal Daun yang dikelola oleh Fakultas Pertanian dan Kehutanan UM Palangkaraya. Kerjasama dengan instansi lain telah dilakukan seperti dengan Instansi Pemerintah, Perkebunan, Lembaga Penelitian, dan Perusahaan swasta.

Tidak ada komentar