Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Palangkaraya - Koranmu Kalteng
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Program studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UM Palangkaraya merancang kurikulum yang bertujuan agar mahasiswa mampu  menguasai konsep dan teori administrasi dan manajemen terkhusus pada s…

Program studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UM Palangkaraya merancang kurikulum yang bertujuan agar mahasiswa mampu  menguasai konsep dan teori administrasi dan manajemen terkhusus pada sektor publik, sehingga mampu menganilisis berbagai macam isu dan kepentingan publik dalam rangka aktifitas perumusan, pengimplementasian dan pengkajian terhadap berbagai kebijakan di sektor publik, serta metode dan teknik bagi penyelesaian masalah dalam penyelenggaraan administrasi publik.

Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam hal manajemen terkhusus pada pengelolaan Sumber Daya Manusia organisasional yang mencakup kepemimpinan, pengambilan keputusan, human relations dan organisasi seluruh bidang kehidupan baik privat maupun publik. Bidang publik mencakup administrasi Negara (termasuk instansi pemerintah, lembaga legislatif, badan peradilan, BUMN/D), dan administrasi lembaga non-pemerintah seperti yayasan, koperasi, rumah sakit, perbankan dan lain sebagainya.

Bidang privatlebih kepada Manajemen Kinerja, Sistem Pemerintah Daerah, e-Government, dan Konsultan Publik maupun KonsultanDesain Organisasi baik untuk Instansi Pemerintah maupun Swasta.

Program studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UM Palangkaraya menerapkan perkuliahan dengan metode Student Center Learning (SCL) dan kedepannya Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UM Palangkaraya akan meningkatkan sistem pembelajarannya dengan menggunkan teknologi berbasis  e-learning. Salah satu keunggulan program studi ini adalah pembelajaran yang dilakukan berbasis penelitian dan praktik, dengan memanfaatkan beberapa mata kuliah yang memang memerlukan aktifitas praktikum dalam menunjang proses pembelajaran didalamnya. Dengan program ini, mahasiswa dibiasakan dengan menganalisa berbagai fenomena sosial/kajian administrasi negara/publik dengan cara penelitian dan praktik langsung ke lapangan atau lokus penelitian.Selain itu mahasiswa juga di ajak untuk lebih peka terhadap persoalan dan isu-isu social yang tengah terjadi, sehingga mahasiswa memiliki wawasan yang global.

Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Sosial (S.Ap).

Prospek Kerja:

Lulusan program studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UM Palangkarayahingga saat ini telah banyak yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya, diantaranya yaitu di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi-instansi pemerintah, lembaga keuangan, perbankan, NGO, dan lembaga pelayanan publik (swasta maupun pemerintah). Selain itu tidak sedikit pula yang berhasil menjadi praktisi dalam kancah politik di tingkat Daerah maupun Pusat.

Beberapa jenis pekerjaan para lulusan jurusan Administrasi Negara :

Aparat Pemerintah / Pengurus Pemerintah Pusat atau Daerah
Asisten Peneliti
Staf ataupun Anggota Legislatif Pusat maupun Daerah
Anggota Partai Politik
Aktivis LSM / Organisasi Masyarakat
Jurnalis Pemerintahan / Politik
Konsultan Pemerintahan
Tenaga Pendidik atau Dosen

Tidak ada komentar